Penyebab Game FC Dan "Cara Menanganinya".


Penyebab Game FC Dan "Cara Menanganinya".


Postingan yang saya buat untuk teman-teman yang bermasalah saat instal game di android mereka. Dari pada saya harus menjawab jawaban yang sama dan selalu berulang-ulang di tanyakan, akan jauh lebih simple jika saya membuat satu postingan terkait masalah-masalah dalam proses instalnya. 

Tapi, mungkin tidak semua hal dalam postingan ini akan menyelesaikan masalah yang akan teman-teman hadapi, karena jika game tidak kompatible dengan perangkatnya, tidak bisa di tawar lagi. Hanya ada satu harapan terakhir menghadapi kompatibility sebuah game, misalnya menggunakan sebuah aplikasi pihak ketiga yang bernama GLTools. Atau bermain di perangkat android yang berbeda.

*Masalah Game FC saat dimainkan*

1. FC/  karena tidak kompatible

a. Karena spesifikasi perangkat yang terlalu rendah untuk memainkan game yang di inginkan. Misalnya game  Radiation Island Dan Radiation City. Masih ada harapan menggunakan GLTools. Yang penting bisa main, meski dikit lag atau grafis jadi lebih burik hehee. Percayalah, saya pernah berada dalam posisi ini. Karena lebih tertantang mengutak atik Hp dari pada beli HP baru. Ya sayang saja uangnya hehee. Tapi kemudian berubah pikiran, karena demi blog ini dan pengunjungnya. Untuk kalian Guys :)

b. Karena masalah resolusi yang tidak pas. Contohnya adalah game Starfront Collision. Game ini akan FC jika tidak berada dalam kisaran resolusi 480x800. Masih bisa di atasi dengan Game Tunner ataupun Second Screen. 

c. Karena OS. Biasanya si game lawas, dan OS Lollipop ke atas. Kalau ini contohnya adalah Eternal Legacy v1.0.0. Pas OS saya masih Kitkat, lanjay sekali main ini game. Tapi ketika saya upgrade kembali ke Marshmallow game FC saat ingin saya mainkan kembali. (Problema antara Game Tuner dan Eternal Legacy :'(. . . )

d. Tingkat kompatibility game yang rendah. Ini sebenarnya ada banyak contohnya tapi yang paling enak buat contoh adalah game Tintin, meskipun tidak FC. Dari ketiga HH saya saat ini, hanya S5 lah yang support game ini, lainnya mengalami black screen.

e. Spesifikasi android dengan built-in di luar pada umumnya yang di pake rata-rata perangkat android. Misalnya yang memakai CPU Intel. Dan yang memakai kernel Architecture selain Arm, misalnya memakai Kernel Architecture Sistem x86. Tidak bisa menyebutnya dengan jelas karena tidak pernah mempunyai tipe perangkat ini. Tapi feeling saya, banyak pengunjung yang bermasalah dengan gamenya karena masalah ini. (Saran saya, kalau bisa hindari beli HP android dengan spesifikasi di atas, kalau niat utamanya untuk main game. Kalau tujuan utama untuk hal lainnya si kaga apa-apa, misal selfie, sosial media ataupun untuk komunikasi)

f. Karena GPU. Ada banyak contoh sebenarnya. Dampak dari GPU ini juga kalau tidak FC grafisnya jadi berwarna, misal white/ pinks/ blue screen. Masalah ini masih ada harapan bisa di atasi dengan GLTools.

g. . . . . (Reversed :). . .)


2. FC Karena Penginstal/ User/ Player/ Gamers

a. Beberapa game khususnya game mod akan FC saat player salah menaruh file apk dan obb gamenya di tempat yang tidak tepat. Entah itu karena susunan filenya atau ada huruf yang terganti di antara nama filenya. Misalnya adalah game The Dark Knight Rises, GTA SA dan Modern Combat 4. 

- Pastikan nama foldernya adalah com.bla bla bla dan di dalam foldernya langsung berisi file obb.

contoh yang benar: com.gameloft.android.ANMP.GloftM4HM/ main.1100.com.gameloft.android.ANMP.GloftM4HM.obb & patch.12222.com.gameloft.android.ANMP.GloftM4HM.obb

Contoh kesalahan nama folder
com.gameloft.android.ANMP.GloftM4HM (1)

Contoh kesalahan susunan folder
com.gameloft.android.ANMP.GloftM4HMcom.gameloft.android.ANMP.GloftM4HM/ main.1100.com.gameloft.android.ANMP.GloftM4HM.obb & patch.12222.com.gameloft.android.ANMP.GloftM4HM.obb

b. (Khusus Marshmallow dan di atasnya) Perizinan aplikasinya belum tercentang. Mungkin ada beberapa aplikasi atau game yang secara otomatis perizinan aplikasinya tercentang di perangkat kita, Tapi ada beberapa game yang harus di lakukan manual, contohnya adalah Gangstar Vegas.

Letak perizinan aplikasi adalah di Pengaturan/ manager aplikasi/ Nama game atau aplikasinya. 

Penyebab Game FC Dan "Cara Menanganinya".
"Letaknya di pengaturan/ manager aplikasi
atau tempat dimana kalian mau menguninstal aplikasi"
-> Letak perizinan aplikasi bisa saja berbeda, tapi masih dalam lingkup disekitar sini <-

Penyebab Game FC Dan "Cara Menanganinya".
"Lihat kan, contohnya adalah Gangstar Vegas"

Penyebab Game FC Dan "Cara Menanganinya".
"Jreng-jreng"

Saya sertakan Screenshot karena sepertinya ini adalah salah satu penyebab paling banyak game FC yang di alami oleh pengguna dengan perangkat OS Marshmallow ke atas.

c. Karena Tidak tahu penyimpanan default perangkatnya. Untuk HP Dengan merk Smartfren ataupun Lenovo misalnya, penyimpanan defaultnya dapat di rubah ke Sd Card, Jadi tentu saja game akan FC/ minta download karena data yang seharusnya di Sd card naruhnya di Internal Atau sebaliknya.

d. . . . . (Reversed :). . .)


*Game minta download*

Sudah pasti karena salah naruh filenya, Nama folder data/ obb yang tidak sesuai, atau mungkin juga karena susunan foldernya. Lihat Bagian FC karena penginstal/ User. Karena masalah dan penyebabnya kurang lebih sama. Dan tentu saja dapat di tangani dengan cara yang sama._^

. . . . . (Reversed :). . .)

Mohon maaf jika postingan dan tulisannya terkesan tidak jelas, salah tulis atau hal lainnya yang membuat kurang berkenan. Tapi postingan ini akan selalu saya perbaiki waktu demi waktu agar lebih mudah di pahami dan sesuai untuk pengunjung pada umumnya.

Terima kasih banyak kalau teman-teman bersedia membaca dan menerapkannya saat instalasi sebuah game. Serta karena telah rela mampir di blog cupu ini.

Comments